Pengembangan Media Flashcard Pada Materi Cara Tumbuhan Beradaptasi Terhadap Lingkungannya Kelas Vi Di Sekolah Dasar

Firanty Hafidzah Alqirany, Ani Nur Aeni, ali ismail

Abstract


Studi IPA memberikan penekanan yang kuat pada pemberian pengalaman langsung kepada siswa guna menumbuhkan keterampilan yang diperlukan guna menyelidiki serta memahami dunia alam. Berdasarkan hasil identifikasi masalah, diketahui kalau pengajar belum memakai media pembelajaran baru saat mengajar IPA. Akibatnya, siswa kurang terlibat dalam pembelajaran serta hasil belajarnya buruk. Sehingga penting guna menumbuhkan media contekan atas pembelajaran IPA. Adapun tujuan atas penelitian ini yakni: 1) Mengenal desain produk media flashcard selaku media pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI; 2) Mengenal deskripsi produk media flashcard selaku media pembelajaran yang bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI; (3) Memahami tanggapan ahli atas pemakaian desain media flashcard selaku sarana pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI. Model Design and Development (D&D) dipakai dalam metodologi pengkajian ini. Populasi penelitian ini terdiri dari 29 siswa serta wali kelas VI dari kelas VI SDN Sukakerta. Angket siswa serta guru yakni instrumen yang dipakai dalam penelitian ini. Hasilnya menegaskan kalau tiga aspek diselidiki: aspek akses, aspek material, serta aspek desain. 1) Menurut siswa serta guru, pembuatan media flashcard yang dirancang secara lugas bisa mempermudah siswa kelas VI dalam memahami informasi atas cara tumbuhan beradaptasi dengan lingkungannya. Desain yang telah dihasilkan dinilai sangat baik; (2) Flashcard sebagai media pembelajaran untuk mengetahui cara tumbuhan beradaptasi terhadap lingkungannya, berdasarkan data siswa, hasil penilaian aspek materi berada pada kategori sangat baik, serta berdasarkan data guru berada pada kategori baik. 3) Sementara itu, sesuai hasil data siswa serta guru diperoleh hasil atas aksesibilitas masuk atas posisi sangat baik guna siswa serta posisi baik guna guru.

Kata Kunci: Media; Flashcard; IPA; Hasil Belajar Siswa


Full Text:

172-180

References


Aeni, A.N. (2019). The impact of the internet technology on teacher competence and student morality. Journal of Physics: Conference Series(1), 1318. doi:10.1088/1742-6596/1318/1/012046

Aeni, A. N. (2015). Menjadi Guru SD Yang Memiliki Kompetensi Personal-Religius Melalui Program One Day One Juz (Odoj). Mimbar Sekolah Dasar, 5 No 2, 2 (2), 212-223. doi:https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v2i2.1331

Aeni, A.N. (2022). Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4). doi:http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1113

Ali Ismail, S. G. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMK. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2.

Angreany, F. d. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flash Card dalam keterampilan menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas. Jurnal Bahasa Asing dan Sastra, 138-146. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/eralingua/article/view/4410

Husniyah, A. M. (2017). Media Aplikasi DORA (Dongeng Nusantara) Pada Pembelajaran Menyimak Dongeng di Era Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(1), 81-88. doi:http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3559

Lela Gusdiantini, A. N. (2017). Pengembangan keterampilan proses sains siswa kelas V pada materi gaya gesek melalui pembelajaran konteksual. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 651-660. doi:https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10103

Maulani, S. N. (n.d.). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539-546. doi:https://doi.org/10.52436/1.jpti.134

Mudlofir, A. a. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munthe, A. P. (2018). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flash Card Pada pelajaran membaca permulaan. JDP, 210-228. doi:https://doi.org/10.51212/jdp.v11i3.892

Myori, D. E. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi dan Komunikasi Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV: Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, 5(2), 102-109. doi:https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832

Nurhayati, A. P. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA GESEK. PENA ILMIAH, 1(1), 131-140. doi:https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2944

Permana, E. P. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan di Lingkungan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 79-85. doi:https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85

Putri, I. N. (2022). Media Pop-Up Book Berbasis Wayang Sukuraga: Dimensi Aneka Global dalam Kurikulum Prototipe di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). doi:https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2417

Rahmah, R. I. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2140. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rozie, F. (2018). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Penggunaan Media Sebagai Alat Bantu Pencapaian Tujuan Pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 1-12. doi:https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i2.3863

Susilana, R. d. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV: Wacana Prima.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Firanty Hafidzah Alqirany, Ani Nur Aeni, Ali Ismail

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: