CITRAAN DALAM PANTUN BUKA PALANG PINTU PADA ADAT PERKAWINAN MASYARAKAT MELAYU KECAMATAN MEMPURA

Nadia Atika, Hermandra Hermandra, Silvia Permata Sari

Abstract


Karya sastra yang berkembang di Nusantara salah satunya ialah pantun, tak terkecuali pada suatu tradisi perkawinan masyarakat Melayu yakni buka palang pintu. Hal menarik untuk diteliti tentang warisan nusantara yakni pantun, ialah sebab pantun memiliki bentuk yang unik serta indah, selanjutnya salah satu aspek yang menunjang keindahan suatu karya sastra tersebut ialah citraan. Dapat dikatakan bahwa pemanfaatan citraan untuk menimbulkan suasana yang khusus dalam pikiran dan penginderaan. Dengan demikian ide yang semula abstrak yang dipaparkan oleh penyair dapat ditangkap selah-olah dilihat, didengar, diraba, dirasa, dicium, atau dipikirkan oleh pembaca. Penelitian perlu dilakukan untuk mengetahui citraan apa saja yang muncul pada pantun tradisi buka palang pintu. Pendekatan yang digunakan dalam kajian yaitu Struktural dengan metode penelitian etnografi kualitatif. Hasil yang diperoleh, didapati terdapat enam citraan yang muncul dari total tujuh citraan yang dipaparkan.

Full Text:

PDF (179-190)

References


Arina, Sopyan dkk. (2022). Aspek Citraan Dalam Novel Diam-Diam Saling Cinta Karya Arafat Nur. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(1),1-2.

Jamil, O.K Nizami. (2010). Sejarah Kerajaan Siak. Siak Sri Indrapura: CV. Sukabina Pekanbaru.

Marsela, Ninda Riski. (2018). Analisis Citraan Dalam Antologi Puisi Rumah Cinta Karya Penyair Jambi. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 5.

Putri, Vanya Karunia Mulia. (2021). “Observasi: Pengertian Para Ahli, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Jenisnya”, https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/03/164904169/observasi-pengertian-para-ahli-tujuan-ciri-ciri-dan-jenisnya?page=all#:~:text=Pengertian%20observasi%20menurut%20para%20ahli,lebih%20spesifik%20dibanding%20teknik%20lainnya, diakses pada 4 Juni 2023 pukul 17.05.

Ramdiani, Sri. (2014) Pelestarian Nilai-Nilai Kearifan Lokal Upacara Adat “Ngalaksa” Dalam Upaya Membangun Karakter Bangsa. Perpustakaan upi.edu. 56-59.

Suciati, Mela dkk. (2020). Citraan Dalam Kumpulan Puisi Dongeng-Dongeng Yang Tak Utuh Karya Boy Candra Dan Implikasinya. Jurnal Skripta, 6(2), 2-4.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulansari dkk. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Pantun Sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya Melayu. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 1-2.

Yahya, Tantowi. (2019). Estetika Bahasa Petuah Adat Masyarakat Tapung. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau. Pekanbaru.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v8i1.5555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

        

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.