PENERAPAN TEKNIK AKROSTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NU KAPLONGAN 2023

Nur Kasani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa kendala para siswa saat menulis puisi, khususnya di kelas X SMA Nahdlatul Ulama Kaplongan, diantaranya (1) pemilihan diksi yang belum tepat, (2) sulitnya mengembangkan tulisannya, (3) kurang variatifnya pembelajaran, (4) minim penggunaan bahasa kias, dan (5) kurangnya pemahaman gaya bahasa. Sehingga penulis melakukan penelitian ini dengan berfokus pada rumusan masalah kedua, yakni sulitnya mengembangkan tulisan. Dengan rumusan masalah tersebut, maka peneliti akan menerapkan teknik akrostik. Tujuan penelitian ini, yakni untuk mengetahui penerapannya teknik ini akan hasil belajar menulis puisi pada siswa kelas X SMA Nahdlatul Ulama Kaplongan tahun 2023. Hipotesis penelitian yakni adanya keefektifan penerapan teknik akrostiknya terhadap pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMA Nahdlatul Ulama Kaplongan tahun 2023. Penelitian berjenis Quasi Eksperiment, sedangkan desain penelitiannya terbagi dalam dua siklus. Populasi penelitian ini yakni semua kelas X SMA Nahdlatul Ulama Kaplongan, sedangkan sampelnya yaitu ada dua, yakni kelas X MIA 1 dan kelas X MIA 2. X MIA 1 yang jumlahnya 36 siswa dijadikan kelas kontrol. Sedangkan X MIA 2 yang jumlahnya 35 siswa dijadikan kelas eksperimen. Data penelitian yang dikumpulkan berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Sesuai dengan data penghitungan statistik uji t dua independen (Independent sample tes), didapatkan t-hitung sebanyak 3,714 dan t-tabel adalah 1,667. Sehingga, t-hitung (3,714) > t-tabel (1,667), artinya bahwa H1 diterima sedangkan H0 ditolak. Jadi kesimpulannya bahwa teknik akrostik efektif diterapkan terhadap terhadap pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas X SMA Nahdlatul Ulama Kaplongan tahun 2023.

Full Text:

PDF (136-145)

References


Bawamenewi, A. (2021). Teknik Akrostik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 638-642. Http://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2184.

Lestari, A. (2017). Keefektifan Media Audio Visual Sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 214-225. Http://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p214-225.

Nida, M. (2016). Strategi Belajar Dan Kualitas Bicara Bahasa Inggris Santri Banjar Di Pondok Pesantren Darul Hijrah Martapura Jurnal Ilmiah Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. IAIN Antasari Banjarmasin.

Nurjanah, A. (2020). Penerapan Metode Explicit Instruction Dalam Pembelajaran Menulis Teks Negoisasi Pada Siswa Kelas X SMA NU Kaplongan Tahun Pelajaran 2019-2020. Skripsi. STKIP NU Indramayu.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Taoziri, A. (2013). Penggunaan Teknik Akrostik Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas VIII C Smp Pasundan 4 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013. Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2).

Yasin, M. (2020). Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SDN 63 Ponjalae Baru (Doctoral dissertation, Universitas Cokroaminoto Palopo).




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v8i1.5545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

        

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.