PENGEMBANGAN MODUL PENULISAN ESAI UNTUK MENUNJANG KECAKAPAN LITERASI SISWA SMP DI KABUPATEN KUNINGAN

Ifah Hanifah, Aan Anjasmara, Tifani Kautsar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul esai bagi siswa SMP untuk menunjang kecakapan literasi. Modul yang dimaksud diperuntukkan bagi pelatihan siswa ketika menghadapi lomba menulis esai dalam Festival Literasi, Sastra, dan Seni Nasional (FLS2N). Rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) bagaimana kebutuhan modul esai bagi siswa SMP?; 2) bagaimana pengembangan modul esai bagi siswa SMP?; dan 3) bagaimana kelayakan modul esai yang dikembangkan. Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan metode research and development, maka diperoleh hasilpenelitian sebagai berikut. Pertama, melalui analisis kebutuhan diperlukan modul esai yang dapat digunakan khusus untuk pelatihan bagi siswa guna mengikuti lomba menulis esai. Kedua, dikembangkan sebuah modul esai dengan komponen tujuan, amteri dan evaluasi yang kesemuanya disesuikan dengan kebutuhan di lapangan. Ketiga, setelah diuji kelayakan modul ini dinyatakan layak dengan nilai rata-rata nilai dari ketiga pakar adalah sebesar 2,89.

Kata kunci: modul, esai, literasi, siswa SMP

  

This study aims to develop an essay module for junior high school students to support literacy skills. The module in question is intended for student training when facing an essay writing competition in the National Literacy, Literature and Arts Festival (FLS2N). The formulation of the research problem is as follows; 1) what is the need for essay modules for junior high school students?; 2) how is the essay module development for junior high school students?; and 3) how is the feasibility of the developed essay module. After conducting research using the research and development method, the following research results were obtained. First, through a needs analysis, an essay module is needed that can be used specifically for training for students to take part in essay writing competitions. Second, an essay module was developed with objectives, material and evaluation components, all of which were adapted to the needs in the field. Third, after being tested for the feasibility of this module it was declared feasible with the average score of the three experts being 2.89.

Keywords: module, essay, literacy, junior high school students


Full Text:

PDF (60-67)


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v8i1.5539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

        

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.