ADDITIONAL MENU
PLAGIARISM POLICY
INDEXING
COPYRIGHT NOTICE
AUTHOR FEES
NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/pages/article/ArticleHandler.inc.php:18)
NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/lib/pkp/classes/metadata/MetadataDataObjectAdapter.inc.php:23)
Dampak dari penyebaran Covid-19 menyebabkan pemberlakuan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan menggunakan teknologi elektronik, tak terkecuali pendidikan Islam yang juga harus melakukan pembelajaran daring. Pendidikan Islam selama ini seringnya menggunakan metode satu arah dan sedikit juga yang menggunakan teknologi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) Menganalisis dampak Covid-19 terhadap efektifitas pendidikan Islam 2) Mengetahui tentang Covid-19 3) mengetahui efektivitas pembelajaran daring di tengah situasi social distancing.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dalam bentuk eksplorasi kepustakaan kontekstual yakni mengaitkan literature dengan fenomena aktual, khususnya Covid-19. Pengumpulan penelitian ini adalah dengan mengumpulkan buku, jurnal yang relevan. Hasil dari penelitian ini adalah dampak Covid-19 ini bisa membuat peserta didik merasa cemas, jika peserta didik memiliki kecerdasan emosional, maka mereka akan bisa mengontrol emosi, dan saat melakukan pembelajaran akan lebih bersemangat. Efektif tidaknya suatu pembelajaran daring tergantung dari teknologi, karakter pengajar, dan karakteristik siswa. Pembelajaran daring di tengah situasi social distancing terdapat banyak kendala, jaringan yang buruk, sarana dan prasarana yang kurang memadai, guru dan dosen yang belum mahir menggunakan teknologi dan social media sebagai media pembelajaran.
Adhe, K. R. (2018). Model Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. JECCE (Journal of Early Childhood Care and Education), 1413, 26–31. https://doi.org/https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.3
Akbar, G. (2013). Metode Pembelajaran Alquran Melalui Media Online. Indonesian Jurnal on Networking and Security (IJNS), 2(1), 65–68.
Al-Mandhari, A., Samhouri, D., Abubakar, A., & Brennan, R. (2020). Coronavirus Disease 2019 Outbreak: Preparedness and Readiness of Countries. Eastern Mediterranean Health Journal, 26(2), 136–137.
Al-Maroof, R. A. S., & Al-Emran, M. (2018). Students Acceptance of Google Classroom: An Exploratory Study Using PLS-SEM Approach. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(6), 112–123. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i06.8275
Amirudin, N. (2019). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional PAI Dengan Pendekatan Multidisipliner, 181–192.
Buseri, K. (2014). Dasar, Asas dan Prinsip Pendidikan Islam (A. Juhaidi (ed.)). IAIN Antasari.
Gon, S., & Rawekar, A. (2017). Effectivity of E-Learning through Whatsapp as a Teaching Learning Tool. MVP Journal of Medical Sciences, 4(1), 19.
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 96–102.
Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’, 08(01), 68–73.
Iqbal, M., Latifah, S., & Irwandani. (2019). Pengembangan Video Blog (Vlog) Channel Youtube Dengan Pendekatan Stem Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring. INOVASI PEMBANGUNAN – JURNAL KELITBANGAN, 7(2), 135–148. https://doi.org/https://doi.org/10.35450/jip.v7i2.140
Kampf, G., Todt, D., Pfaender, S., & Steinmann, E. (2020). Persistence of Coronaviruses on Inanimate Surfaces and Their Inactivation with Biocidal Agents. Journal of Hospital Infection, 104(3), 246–251. https://doi.org/10.1016/j.jhin.2020.01.022
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (COVID-19). In Direkorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.
Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667 PENDAHULUAN
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–110. https://doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1820
Maharaj, S., & Kleczkowski, A. (2012). Controlling Epidemic Spread by Social Distancing: Do It Well Or Not At All. BMC Public Health, 12(1), 679. https://doi.org/10.1186/1471-2458-12-679
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067
Nuryadin. (2017). Strategi Pendidikan Islam Di Era Digital. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1), 209. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i1.637
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1), 56–60. https://www.prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/122
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Raiman, L., Antbring, R., & Mahmood, A. (2017). WhatsApp Messenger as a Tool to Supplement Medical Education for Medical Students on Clinical Attachment. BMC Medical Education, 17(1), 1–9. https://doi.org/DOI 10.1186/s12909-017-0855-x
Rais, A., Handayani, A. B., & Suyadi. (2019). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Dalam Pendidikan Islam Dengan Pendekatan Neurosains. MUADDIB: Studi Kependidikan Dan Keislaman., 09(02), 131–153. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1695
Rozak, A., & Albantani, A. M. (2018). Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Google Classroom. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(1), 83–102. https://doi.org/10.15408/a.v5i1.7481
Saifurrahman, & Suyadi. (2019). Desain Pembelajaran Keagamaan Islam Berbasis Neurosains. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 6(1), 55–73.
Sukmawati. (2020). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4 . 0. Jurnal Kreatif Online, 8(1), 39–46.
Suyadi. (2019). Pengantar Neurosains Pendidikan Islam. UAD Press.
Suyadi. (2017). Pendidikan Islam dan Neurosains. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 6 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (APPPTMA), 25(September), 93–107. https://doi.org/10.33367/tribakti.v25i1.162
Syafe’i, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 151–166. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1876
Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 59–70. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.290
Uscher-Pines, L., Schwartz, H. L., Ahmed, F., Zheteyeva, Y., Meza, E., Baker, G., & Uzicanin, A. (2018). School Practices To Promote Social Distancing in K-12 Schools: Review of Influenza Pandemic Policies and Practicesa. BMC Public Health, 18(1), 406. https://doi.org/10.1186/s12889-018-5302-3
Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, Quarantine, Social Distancing And Community Containment: Pivotal Role For Old-Style Public Health Measures In The Novel Coronavirus (2019-nCoV) Outbreak. Journal of Travel Medicine, 27(2), 1–4. https://doi.org/10.1093/jtm/taaa020
Xu, C., Luo, X., Yu, C., & Cao, S. J. (2020). The 2019-nCoV Epidemic Control Strategies and Future Challenges of Building Healthy Smart Cities. Indoor and Built Environment, 0(0), 1–6. https://doi.org/10.1177/1420326X20910408
Yusmaliana, D., & Suyadi. (2019). Pengembangan Imajinasi Kreatif Berbasis Neurosains dalam Pembelajaran Keagamaan Islam. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(2), 267–296. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v14i2.4213